Terima Kasih Telah Meluangkan Waktunya Untuk Mengunjungi Blog Ini

Teknologi 4G (LTE) Diuji Coba Di Indonesia

Jaringan seluler generasi keempat (4G) berbasis teknologi Long Term Evolution (LTE) telah mulai diuji coba di Indonesia.

Setelah siap, jaringan yang bisa menghantarkan data maksimal 172 Mbps itu diproyeksi Menkominfo Tifatul Sembiring mulai komersial 2012 mendatang.

"Implementasinya masih panjang, perlu riset-riset lebih dalam. Mungkin dua tahun lagi akan fully komersial," kata Tifatul usai peresmian uji coba LTE bersama Telkomsel di Hotel Grand Melia, Jakarta, Senin (20/6/2010).

LTE merupakan suatu teknologi radio yang dapat memberikan data rate lebih dari 100 Mbps dengan BW 20 MHz dan MIMO 2 x 2 -throughput maksimum yang didapat sebesar 172 Mbps dengan menggunakan Orthogonal Frequency Division Multiple Access (OFDMA) sebagai radio interface di arah downlink 50 Mbps.

Saat ini Telkomsel menggelar ujicoba Teknologi LTE pertama di Indonesia dengan menggandeng tiga mitra vendor jaringan, Huawei untuk di Jakarta, Ericsson di Medan, dan Nokia Siemens Network (NSN) di Bali.


"Uji coba tidak masalah, namanya juga laboratorium. Belum disambungkan ke jaringan secara umum. Secara implementatif juga belum.

LTE masih panjang, penyiapan tendernya saja delapan bulan. Bagi kami yang penting sinergis, Wimax dulu jalan baru kemudian LTE," kata Tifatul.

LTE merupakan pengembangan layanan mobile broadband yang membutuhkan bandwidth besar dengan data kecepatan tinggi hingga 170 Mbps (downlink) dan 70 Mbps (uplink). Teknologi ini mendukung high definition streaming video, Voice over Internet Protocol (VoIP), dan aplikasi-aplikasi lain yang membutuhkan data kecepatan tinggi.
0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Page Ranking Tool

Contributors

Foto Saya
MANGGE ABHOENK
Lihat profil lengkapku

Recent Posts

Traffic Blog