Terima Kasih Telah Meluangkan Waktunya Untuk Mengunjungi Blog Ini

Mengontrol Penggunaan Software

Dengan adanya sejumlah user yang menggunakan PC milik Anda, perlu memikirkan masalah keamanan, juga perlu memikirkan integritas kesulurahan sistem.

Instalasi aplikasi dan penggunanya, jika tidak dimonitor, bisa menyebabkan masalah. Dengan bantuan registry, Anda bisa melakukan manajemen user yang selangkah lebih maju.

Dengan menggunakan key dan value, Anda bisa menentukan program apa yang bisa dijalankan pada sistem tersebut.

Dari sudut pandang keamanan, cara ini bisa mencegah penggunaan program utility yang bisa mempengaruhi konfigurasi PC milik Anda Membuat larangan penggunaan aplikasi
Anda bisa membuat larangan supaya user tidak bisa menjalankan aplikasi dan file tertentu.

Dengan menggunakan Registry Editor, Cari HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer. Value yang akan Anda edit mungkin tidak ada jadi buatlah terlebih dahulu.

Jika Anda menggunakan Windows XP atau 2000 klik kanan pada panel sebelah kanan dan pilih New, DWORD Value lalu beri nama DisallowRun. Beri nilai 1 untuk meng enable larangan aplikasi seperti gambar berikut :



Berikutnya buat key baru HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer\DisallowRun.

Di dalam key ini, tentukan aplikasi yang tidak boleh dijalankan. Buat string Value yang berurutan untuk masing-masing aplikasi dengan value file executable dari aplikasi yang bersangkutan.

Sebagai contoh, jika anda tidak mau Windows Media Player dijalankan maka untuk value-nya masukkan “wmplayer.exe” seperti gamber berikut :


 
Ulangi proses untuk masing-masing aplikasi selanjutnya.
0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Page Ranking Tool

Contributors

Foto Saya
MANGGE ABHOENK
Lihat profil lengkapku

Recent Posts

Traffic Blog