Terima Kasih Telah Meluangkan Waktunya Untuk Mengunjungi Blog Ini

Waspada Internet Banking

Apakah anda sering menggunakan Internet Banking? Untuk saat ini anda harus lebih berhati-hati menggunakan transaksi elektronik tersebut. Pasalnya Bank Indonesia (BI) belum mempunyai aturan soal Internet Banking.

Dengan kata lain, BI tidak akan bertanggung jawab jika terjadi suatu fraud atau pembobolan yang mengakibatkan kerugian bagi nasabah.

Kepala Biro Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI) Aribowo mengakui BI tidak mempunyai aturan soal Internet Banking. Bahkan menurutnya, bank sentral juga tidak memantau kegiatan transaksi dan nilai transaksinya.

"Memang, Bank Indonesia tidak mengatur mengenai transaksi Internet Banking di setiap bank-bank. Jadi itu masing-masing bank yang bertanggung jawab," ujar Aribowo.

Jadi, lanjut Aribowo, bagi bank-bank yang telah mempunyai Internet Banking untuk melakukan transaksi hanya mengacu kepada Peraturan Bank Indonesia (PBI) mengenai Sistem Informasi. "Jadi detailnya pengaturan Internet Banking itu belum ada," jelas Aribowo.

Lebih lanjut Aribowo mengatakan, regulator memang akan ada rencana untuk membuat juklak mengenai Internet Banking. "Kita sedang kaji dulu potensial-potensial fraud yang kemungkinan bisa terjadi di masa depan. Namun memang sampai saat ini memang belum ada kejadian fraud," tuturnya.

Kemungkinan besar menurut Aribowo kemungkinan fraud di Internet Banking memang potensial terjadi. "Jadi lebih besar kemungkinan menggunakan web browser palsu, di situ kemungkinan terjadi fraud," tuturnya.

Juklak mengenai Internet Banking dilakukan karena memang tren saat ini menurut Aribowo meningkat. "Transaksi menggunakan elektronik seperti menggunakan kartu debet, kartu kredit hingga flash saja saat ini Rp 5 triliun per harinya dan terus menunjukkan peningkatan. Hampir sama dengan kegiatan sistem kliring manual yang rata-rata per harinya mencapai Rp 5 triliun," katanya.

Aribowo menambahkan, ke depan BI memang akan terus mengembangkan cashless society yang memang akan mengurangi peredaran uang di masyarakat.
1 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Page Ranking Tool

Contributors

Foto Saya
MANGGE ABHOENK
Lihat profil lengkapku

Recent Posts

Traffic Blog